|
|
PERCOBAAN 6
KONTROL MOTOR MENGGUNAKAN EDIT
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 1
1. Sertu Tony Giant Nc. Nosis 20190441-E
2. Sertu Acep Nana Komara Nosis 20190442-E
3. Sertu Masrury Priyono Nosis 20190443-E
4. Sertu Tommy Wilmar Fehr Nosis 20190444-E
5. Sertu Moh. Fredy Setiawan Nosis 20190445-E
BATU, SEPTEMBER 2021
PERCOBAAN 6
KONTROL MOTOR MENGGUNAKAN EDIT
1. Tujuan : Agar Bamasis Mampu Praktek edit untuk control motor.
2. Alat Dan Bahan :
A. Laptop
B. Modul Aktuator
C. Program DelphI
3. Teori :
A. Jelaskan Tentang Edit
Jawab : Tool Edit adalah Komponen yang digunakan untuk menerima satu baris teks yang merupakan data input pemakai.
Komponen ini juga dapat menampilkan teks.
B. Jelaskan Tentang Image
Jawab : Image adalah komponen yang menampilkan object GrafisKomponen image bisa berupa file image dengan format .jpg, .gif, .bmp, dan sebagainyaKomponen image terdapat pada tab ADDITIONAL
C. Jelaskan Tentang Button
Jawab : Button merupakan komponen yang sering digunakan sebagai tombol konversi atau tombol proses pada setiap program aplikasi. Namun tombol ini akan berfungsi sebagai tombol konversi atau proses jika diberikan sintaksis. Dengan kata lain, Button tidak bisa berfungsi tanpa sintaksis yang kita tulis di komponen Code Editor. Kelebihan dari Button dan BitButton adalah bisa menampilkan pesan dalam berbagai bentuk ucapan (terima kasih, perintah, pilihan, dsb) melalui satu, dua, atau tiga tombol.
D. Jelaskan Tentang Sndplaysound
Jawab : yaitu untuk memainkan suara bentuk gelombang yang ditentukan baik oleh nama file atau dengan entri di registri atau WIN. Fungsi ini menawarkan subset dari fungsi PlaySound; sndPlaySound sedang dipertahankan untuk kompatibilitas mundur. Untuk memutar suara WAV, Anda dapat menggunakan objek TMediaPlayer, tetapi jika Anda menginginkan sesuatu dengan cepat, cara termudah adalah memanggil fungsi API sndPlaySound (dinyatakan dalam unit mmsystem).
4. Langkah Percobaan.
A. Buat Flowchart Program Kontrol
1) Penyiapan alat dan komponen yang akan digunakan untuk percobaan.
2) Melaksanakan Pembuatan coding; dan
3) Melaksanakan Percobaan dengan aplikasi Delphi 7.
|
Flowchart |
|
Edit Text ‘3’ |
|
Edit Text |
|
Hijau Kiri
|
|
Merah Kiri
|
|
Hijau Atas |
|
Merah Atas |
|
Hijau Kanan
|
|
Merah Kanan
|
|
Hijau Bawah |
|
Merah Bawah |
|
Edit Text ‘2’ |
|
Edit Text ‘4’ |
|
Edit Text ‘1’ |
Coding embarcadero/Delphi 7 :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, jpeg, ExtCtrls, StdCtrls, MMsystem;
type
TForm1 = class(TForm)
Image1: TImage;
Image2: TImage;
Image3: TImage;
Image4: TImage;
Image7: TImage;
Image8: TImage;
Image5: TImage;
Image6: TImage;
Edit1: TEdit;
Timer1: TTimer;
Image9: TImage;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
procedure Edit1Change(Sender: TObject);
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Edit1Change(Sender: TObject);
begin
if edit1.text='2'then
begin
sndplaysound('D:\DTMF\D2.wav',SND_NODEFAULT );
image4.Visible:=true;
edit1.Text:=' ';
Timer1.Enabled:=true;
end;
if edit1.text='4'then
begin
sndplaysound('D:\DTMF\D4.wav',SND_NODEFAULT );
image2.Visible:=true;
edit1.Text:=' ';
Timer1.Enabled:=true;
end;
if edit1.text='3'then
begin
sndplaysound('D:\DTMF\D3.wav',SND_NODEFAULT );
image6.Visible:=true;
edit1.Text:=' ';
Timer1.Enabled:=true;
end;
if edit1.text='5'then
begin
sndplaysound('D:\DTMF\D5.wav',SND_NODEFAULT );
image8.Visible:=true;
edit1.Text:=' ';
Timer1.Enabled:=true;
end;
if edit1.text='1'then
begin
image4.visible:=false;
image2.visible:=false;
image6.visible:=false;
image8.visible:=false;
edit1.text:='';
Sndplaysound('D:\DTMF\Do.wav',SND_NODEFAULT );
Timer1.Enabled:=true;
end;
end;
procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
image4.visible:=false;
image2.visible:=false;
image6.visible:=false;
image8.visible:=false;
edit1.text:='';
Sndplaysound('D:\DTMF\Do.wav',SND_NODEFAULT );
Timer1.Enabled:=false;
end;
end.
Gambar 1. Coding pada aplikasi Delphi 7
B. Buat Program Kontrol dengan Aplikasi Delphi 7
Gambar 2. Tampilan pertama pada saat pembuatan coding embarcadero/delphi 7.
Gambar 3. Tampilan pada saat di RUN / PLAY.
5. Analisa :
Analisa percobaan 6 yang mempraktikkan Program Sistem Kontrol menggunakan edit dengan aplikasi Delphi untuk membuat rangkaian system control motor. Komponen yang digunakan didalam percobaan ini yaitu Edit dan image. Di dalam percobaan 6 ini dalam menjalankan program, image 1, 3, 5, Dan 7 adalah image pada saat program dijalankan dengan visiblenya yaitu TRUE dan image yang kedua pdi tempatkan diatas ke empat image tadi, image tersebut yaitu image 2, 4, 6, dan 8 image tersebut format visible image tersebut di FALSE kan pada saat di runkan image image tersebut akan bergerak sesuai programnya dan dapat bergerak karena adanya input suara yang dirubah ke dalam sinyal listrik dengan multiplexser sehingga dapat menggerakan program tersebut ke kanan dan ke kiri melalui coding yang sudah ditentukan.
6. Kesimpulan Dan Saran :
A. Kesimpulan Dari Sistem Kontrol Menggunakan Edit dan image dengan aplikasi Delphi 7 dikembangkan menjadi delapan. Pada saat tombol pada program 1, 3, 5 dan 7 program TRUE akan memutarkan motor ke kanan dan kiri dan menghidupkan lampu pada saat waktu yang sudah ditentukan akan Kembali ke program tombol FALSE yaitu tombol 2, 4, 6 dan 8 kembali seperti semula pada saat normal.
B. Saran (Untuk Tugas Akhir) yaitu agar pembuatan Sistem kontrol pada suatu alat dengan baik dan diharapkan untuk lebih mengambangkan lagi kreativitas dalam bidang pemrogaman guna mendukung wawasan untuk persiapan menghadapi Tugas Akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar